NGN adalah...

NGN adalah jaringan paket data (packet-based network) yang memungkinkan menyediaka layanan termasuk layanan telekomunikasi dan dapat menggunakan brodband.Teknologi transport yang didukung Qulity of Sevice (QoS enabled) yang mana layanan (service-nya) independen dari teknologi layer transport-nya.
A.     Fungsi Komponen Utama NGN
1.      Service and Application
    berisi aplikasi-aplikasi network dalam bentuk software yang mendefinisikan layanan         yang diberikan, feature yang disediakan, dan pengaturan-pengaturan lain, termasuk               billing.
2.      Control and Signalling
    Bertugas melakukan pengendalian dengan bertukar informasi permintaan panggilan dan         policy network serta mengirimkan perintah-perintah yang sesuai kepada blok “Transport”     untuk menyampaikan media data dan sebagainya ke tujuan yang benar, sesuai policy yang     ditetapkan.
3.      Transport
    Berfungsi membawa media yang berupa data, suara, dan gambar dari customer, serta             membawa sinyal-sinyal dari blok-blok lainnya.
4.      Network Management
    Berfungsi untuk mendukung kemampuan pengaturan dan managemen dasar                           pengoperasian seluruh komponen-komponen NGN.

B.     Fungsi Komponen Pendukung NGN
1.      Gateway Controller
    Gateway Controller merupakan Elemen utama softswitch, berfungsi untuk mengontrol           semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi elemen-elemen jaringan yang           lain, dan menjembatani jaringan dengan karakteristik yang berbeda, yakni termasuk               PSTN, SS7, dan jaringan IP.
2.      Signaling Gateway
    Signalling gateway (SG) menciptakan suatu jembatan antara jaringan SS7 dengan jaringan     IP dibawah kendali dari MGC.SG hanya menangani pensinyalan SS7, sedangkan MGC         menangani sirkit suara yang telah dibangun oleh mekanisme pensinyalan SS7.
3.      Media Gateway
    Media gateway berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam               jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang           berbeda seperti PSTN, PLMN, VoIP H.323, dan jaringan akses pelanggan. Media gateway     terbagi menjadi trunk gateway dan access Gateway.
4.      Media server
    Media server melaksanakan fungsinya yakni, untuk memperkaya softswitch dengan               kemampuan media. Jika diperlukan, ini akan mendukung digital signal processing (DSP).     Misalnya yakni untuk menanggapi respon suara, tugas itu akan dilakukan oleh media             server. Media Video juga akan dilayani oleh suatu Media Server manakala bisa                       diterapkan.
5.      Feature server
    Untuk Menyediakan fasilitas atau layanan seperti billing, multi-partyconferencing, dll.           Feature server menggunakan sumber daya dan layanan yang terkait dengan komponen           yang lain pada softswitch tersebut.

C.     Prinsip Dasar Layering pada NGN
Kumpulan jaringan-jaringan yang selama ini mungkin terlibat pada lapisan transport, adalah dimulai dari layer 1 sampai layer 3 berdasarkan OSI 7 Layer Reference Model. Fungsi layer transport menyediakan hubungan di antara service platform yang ada. Service Platform menyediakan layanan untuk pengguna, seperti layanan telepon, web internet, dan lain-lain. Service layer dapat melibatkan himpunan yang rumit dari service platform yang terdistribusi secara geografis, atau pada kasus sederhana seperti fungsi layanan dari 2 lokasi pelanggan. Jaringan transport dengan begitu dapat digunakan untuk hubungan user-user. Serta dapat juga digunakan untuk hubungan user ke service platform, dan hubungan service platform ke service platform.
1)   2 Fungsi Utama Layer Transport :
a.       Layer yang berkaitan dengan routing/switching.
b.      Layer yang berkaitan dengan transmission.

D.     Aplikasi NGN
1.      Voice VPN
    Layanan yang menyediakan voice VPN bagi pelanggan untuk menyalurkan trafik                   voiceinternal pelanggan yang tersebar di beberapa tempat menjadi satu jaringan
2.      Centrex (Virtual PBX)
    Adalah fitur yang memungkinkan beberapa pelanggan membentuk grup pelanggan,               sebagaimana dalam sistem PBX, tanpa dibatasi oleh suatu lokasi.Sistem softswitch harus       menyediakan berbagai macam fasilitas layanan, sepertiextension dial, pembedaan                   pembebanan antar anggota, call transfer by extension,Direct Inward Dialling (DID),               Direct Outward Dialling (DOD), dll.
3.      Prepaid Services (Panggilan Pra-Bayar)
    Layanan yang menyediakan sarana bagi pelanggan untuk melakukan panggilan dengan         menggunakan kartu pra-bayar (prepaid card). Layanan pra-bayar ini dapat digunakan             untuk panggilan lokal, jarak jauh, bahkan jarak jauh sesuai dengan jenis kartu yang                 disediakan dan dimungkinkan untuk memenuhi panggilan konferensi.
4.       Web Base Services
     Layanan berbasis web yang dapat digunakan untuk aplikasi-aplikasi tertentu yang                  ditetapkan oleh TELKOM, misalnya click to dial, web call center, corporate directory,            collect call, hotline, web conference, dll.
5.      Unified Messaging Service (UMS)
    Layanan yang memungkinkan pelanggan dapat mengirim dan menerima pesan dari               pelanggan lain atau dari pihak penyedia konten. Pesan yang dikirim/terima dapat berupa       text, voice, maupun multimedia dengan berbagai macam kandungan isinya.
6.      Multimedia Conferencing
    Layanan yang memungkinkan pelanggan dapat melakukan panggilan konferensi yang           dilengkapi dengan voice, text, maupun video.

Share this

Related Posts

First